Kemendagri: Satpol PP dan Satlinmas Perlu Jaga Kepuasan Publik

0
126

Perkataan. com – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengatakan kesibukan Satuan Polisi Pamong Negeri (Satpol PP) dan Dasar Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada lapangan perlu lebih mengarah pada menjaga kepuasan publik.

Hal tersebut mengingat di Indonesia dengan merupakan negara demokrasi, pengesahan dan dukungan publik menjadi kunci dari keberadaan sejenis organisasi, baik pamerintah maupun non pemerintah.

Oleh sebab itu, paradigma ini kudu dioperasionalisasikan dalam tindakan Satpol PP dan Satlinmas dalam lapangan, yang lebih mengarah pada menjaga kepuasaan umum.

“Makanya survei-survei banyak tentang kepuasan umum, itulah salah satu indikator atas publik merestui pengesahan memberikan dukungan kepada institusi pemerintah maupun non-pemerintah, ” kata Tito saat menghadiri syukuran HUT Satpol PP ke-71 dan HUT Satlinmas ke-59, Rabu (3/3/2021).

Baca Selalu: Mendagri Mengambil Pemadam Kebakaran Ikut Berperan Aktif Tekan Laju Covid-19

Meski menetapkan mendapat dukungan dari jemaah, lanjutnya, bukan berarti Satpol PP dan Satlinmas menyelenggarakan pembiaran terhadap masyarakat dengan melanggar peraturan.

Sebab, pelanggaran hukum, patuh Tito, dapat merugikan asosiasi lainnya. Untuk itu, Satpol PP dan Satlinmas menetapkan melakukan introspeksi terhadap kemampuan yang sudah dilakukan.

Tito bilang, piawai Satpol PP dan Satlinmas yang saat ini diperingati menandakan bahwa kedua pola itu berada pada usia yang matang. Menurutnya, tak banyak organisasi yang berpunya bertahan dalam waktu yang lama. Banyak instansi dalam negeri maupun asing negeri yang justru dibubarkan karena dianggap sebagai bagasi negara.

Kemampuan bertahan periode itu, sambungnya, didapatkan sebab keberadaannya dibutuhkan oleh negeri maupun masyakat. Selain itu, bertahannya suatu organisasi selalu karena kinerjanya yang diakui.

Kendati demikian, Tito menekankan, baik Satpol PP maupun Satlinmas tanpa sampai terlena. Sehingga, negeri maupun masyarakat perlu langsung diyakinkan bahwa keberadaan Satpol PP dan Satlinmas tersebut penting.

Baca Pula: HUT Damkar ke-102, Mendagri Tekankan Perkara Misi Penyelamatan