Bahas RUU Prioritas, DPR Ajak Pemerintah Kesampingkan Ego Sektoral

0
144

Suara. com – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin berharap pemerintah dapat mengesampingkan ego sektoral di dalam setiap pembahasan rancangan-undang-undang bersama DPR. Hal itu bertujuan untuk membentuk dan mengasilkan undang-undang yang berkualitas.

Azis meminta eksekutif juga dapat bersinergi dengan legislatif dalam meyelesaikan sebanyak 33 RUU yang sudah disepakati dan disahkan masuk dalam daftar program legislasi nasional (prolegnas) prioritas tahun 2021.

“DPR akan tetap memperhatikan kualitas legislasi yang dihasilkan, sehingga RUU yang disahkan benar-benar bermanfaat lalu memenuhi kebutuhan hukum seluruh masyarakat Indonesia dengan tetap melalukan kerjasama dengan pemerintah, ” kata Azis kepada wartawan, Kamis (25/3/2021).

Selain dari sisi pemerintah, menurut Azis, peran aktif masyarakat dalam memberi masukan terhadap pembentukan hukum juga dibutuhkan. Ia berujar DPR nantinya akan selalu terbuka terhadap berbagai aspirasi masyarakat terhadap legislasi.

Baca Juga: DPR Sepakati 33 RUU Prolegnas Prioritas 2021, Ini Daftarnya

“Peran aktif masyarakat untuk mengawal pembahasan hukum tersebut untuk menghasilkan peraturan yang aspiratif dan sesuai dengan perkembangan dunia saat ini, ” ujar Azis.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengaku telah mengingatkan kepada seluruh alat kelengkapan dewan (AKD) agar meraih segera melakukan pembahasan RUU, usai prolegnas prioritas 2021 disahkan.

“Kemarin dalam rapat bamus kita sudah tekankan kepada AKD untuk segera melakukan pembahasan setelah Prolegnas disahkan. Dikarenakan pada saat ini anda juga sudah punya aturan, jika dua kali masa sidang tidak selesai, maka pembahasan akan ditarik pada tingkat yang kemudian maka akan dibicarakan lagi dalam Bamus, ” tutur Dasco.

DPR Sahkan Prolegnas Prioritas 2021

Sebelumnya, DPR RI akhirnya mengesahkan program legislasi lokal (prolegnas) prioritas tahun 2021. Sesuai hasil rapat di Badan Legislasi sebelumnya, wujud sebanyak 33 Rancangan Peraturan yang ditetapkan.

Baca Juga: Tok! Tanpa Revisi UU Pemilu, DPR Akhirnya Tetapkan Prolegnas Prioritas 2021

Penetapan prolegnas prioritas diterapkan melalui rapat paripurna Selasa (23/3) siang. Adapun sebelum disahkan, Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas menyampaikan laporannya terlebuh dahulu terkait proses penyusunan daftar RUU prolegnas prioritas 2021.

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • »