Berkaca Asian Games, Indonesia Optimis Masuk 8 Besar FIBA Asia Cup 2021

0
164

Suara. com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimis Timnas Basket Indonesia bisa melaju setidaknya hingga delapan luhur di FIBA Asia Cup 2021.

Anutan menteri asal Gorontalo itu merujuk pada hasil Timnas Basket Indonesia di Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta.

Pada ajang yang bergulir di Hall Basket Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno itu, Nusantara finis di peringkat kedelapan klasemen, di bawah China (juara), Iran, Korea, China Taipei, Filipina, Syria, serta Jepang.

Di enam pertandingan yang dimainkan, Indonesia meraih satu kemenangan dan lima kali tergelincir. Satu-satunya kemenangan itu diraih atas Thailand dengan skor 98-86 di babak penyisihan Grup A.

Baca Juga: Penggawa Timnas Basket Indonesia Jadi Vegetarian demi Turunkan Berat Badan

“Saya kira kalauu berkaca hasil Asian Games 2018, tim nasional kita berada di peringkat delapan besar. Maka InsyaALlah ini akan sama pada saat FIBA Asia Cup 2021 nanti, ” kata Zainudin Amali usai menggelar rapat kabinet terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Timnas basket Indonesia bukan tanpa alasan menargetkan lolos minimal delapan besar FIBA Asia Cup 2021. Itu merupakan syarat dari FIBA agar skuad Garuda boleh berpartisipasi di FIBA World Cup 2023.

Indonesia adalah tuan rumah bersama Filipina dan Jepang untuk FIBA World Cup 2023. Namun mempertimbangkan kualitas dan ranking yang terlampau jauh, skuad Merah Putih tak memperoleh keistimewaan untuk langsung lolos.

FIBA ingin melihat lebih jauh peningkatan kualiatas Timnas Indonesia dalam beberapa tarikh jelang 2023 nanti.

Dengan masuk delapan besar FIBA Asia Cup 2021, skuad Garuda akan dianggap layak tampil dalam FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: Perbasi Panggil 5 Nama untuk TC Timnas Basket Indonesia

Di FIBA Asia Cup 2021 sendiri, Indonesia turut berstatus sebagai tuan vila. Ajang ini akan terbenam di Istora Senayan, Jakarta pada 19-27 Agustus kelak.