Pegangan Dilarang Tapi Menhub Usul Ada Vaksinasi Gratis era Arus Balik

0
227

Suara. com kacau Menteri Pertalian Budi Karya Sumadi menganjurkan adanya pemberian vaksin Covid-19 gratis kepada para pemudik yang menggunakan transportasi darat saat arus balik di masa larangan mudik.

Menhub menjelaskan, pemberian ini dalam rangka tracing Covid-19 para pemudik yang nekat mudik selama kekangan mudik 6-17 Mei.

“Kami usulkan dilakukan tracing dengan itensif di beberapa tempat yang konsentrasinya besar katakanlah di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta, bahkan yang sejak Sumatera di Bakauheni dikerjakan tracing secara intensif, sehingga kami usulkan nanti Bungkus menko dan Pak menkes memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan kunjungan darat, ” ujar Menhub dalam konferensi pers seusai Rapat Terbatas di Istana Negara, Senin (10/5/2021).

Menurut Menhub akan banyak masyarakat yang pulih kembali ke kota sesudah mudik. Ia menduga sekitar 3, 6 juta orang atau 22 persen dengan akan balik ke kota.

Menangkap Juga: H-3 Lebaran Idul Fitri, Sejenis ini Penampakan di Tol Cipali Saat Ini

Sebelumnya, Kemenhub mencatat pelarangan mudik efektif menurunkan mobilitas masyarakat pada masa pandemi Covid-19 hingga 61 komisi.

Angkutan jalan turun sebesar 85 komisi dari 30, 8 ribu menjadi hanya 4, tujuh ribu penumpang; lalu pikulan penyeberangan turun 39 persen dari 28 ribu menjadi hanya 17 ribu penumpang.

Lalu pikulan laut turun 32, dua persen dari 9, 3 ribu menjadi hanya enam, 3 ribu penumpang, pikulan kereta api turun 56 persen dari 81, 5 ribu menjadi hanya 36 ribu penumpang.

Kemudian dengan paling tinggi terjadi penurunan penumpang pada angkutan suasana hingga 93, 3 persen dari 114 ribu menjadi hanya 7, 6 ribu penumpang.

Tengah untuk rata-rata jumlah kendaraan yang keluar Jakarta per jalan tol juga menurun 33, 1 persen dari 128, 8 ribu menjelma 86, 2 ribu kendaraan.

Baca Juga: Pos Penyekatan Dijebol Pemudik, Polda Metro Hebat Tambah Personel dan Congkong