Pemangku Kota Tanjungbalai Diisukan Kontak Pimpinan KPK, Begini Respon Dewas

0
250

Suara. com – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya angkat bicara terkait dugaan Wali Tanah air Tanjungbalai Syahrial yang men salah satu pimpinan KPK, yaitu Lili Pintauli Siregar. Syahrial telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan uang sogok.

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Harris mengutarakan, pihaknya masih menelusuri dugaan penyimpangan tersebut.

“Dewas hendak mencari dan mempelajari seluruh informasi terkait dugaan penyimpangan atau dugaan pelanggaran tanda etik yang dilakukan sebab setiap insan KPK, elok pegawai, pimpinan maupun bagian Dewas sendiri, ” introduksi Syamsuddin Haris dikonfirmasi, Selasa (27/4/2021).

Tengah itu, anggota Dewas Albertina Ho mengaku baru mengindahkan informasi dugaan Syahrial ingin berkomunikasi dengan Lili Pintauli dari pemberitaan media kala. Namun, kata Albertina, belum ada bukti laporan dengan diterima para pimpinan Dewas KPK terkait dugaan kejadian tersebut.

Baca Juga: Kasus Suap, KPK Periksa Penyidik Stefanus dan Wali Kota Tanjungbalai

“Tahu dari media. Kalau ada bukti silahkan sampaikan kepada Dewas, ” tutup Albertina.

Kausa informasi adanya dugaan koneksi M Syahrial dengan Lili Pintauli Siregar disampaikan oleh Koordinator MAKI Boyamin Saiman. Namun, Boyamin tak mengetahui pasti apakah Lili menanggapi komunikasi yang hendak dijalin oleh Syahrial.

“Saya mendengarnya begitu, kalau wali kota Tanjungbalai berusaha menjalin komunikasi dengan bu Lili (Pimpinan KPK). Akan tetapi, apakah bu Lili menyikapi atau menindaklanjuti seperti barang apa, saya belum ada fakta, ” kata Boyamin dihubungi, Senin (26/4).

Meski begitu, Boyamin meyakini bahwa Syahrial memiliki nomor pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar. Masa benar Lili dihubungi oleh Syahrial, sepatutnya Lili menolak dan langsung memblokir nomor Syahrial.

“Semestinya bu Lili dengan bahana menjawab jangan hubungi aku karena itu urusan & tanggung jawab wewenang KPK, dan langsung diblokir mestinya. Sebab ini yang harus dilakukan bu Lili, ” ucap Boyamin.

Baca Selalu: MAKI Membuka Info Wali Kota Tanjungbalai Mencoba Hubungi Komisioner KPK

Kasus dengan kini menjerat Syahrial terkait dengan menyuap salah utama penyidik KPK AKP Stefanus Robin Pattuju. Dimana arah itu untuk KPK tidak melakukan penyelidikan kasus manipulasi di Tanjungbalai.