Peristiwa Covid-19 Sumatera Melonjak, 440 Ribu Pendatang ke Jawa Bakal Dites

0
167

Suara. com – Selama periode libur lebaran 2021 Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengungkap bila ada lebih dari 440 ribu orang yang menuju dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Menurut Doni, orang-orang ini sedang dipantau lantaran kasus Covid-19 di Pulau Sumatera sedang naik drastis melebihi kasus di Pulau Jawa.

Sehingga orang yang melakukan perjalanan itu akan dilakukan pemeriksaan Covid-19 dan diperketat saat hendak kembali menyeberang ke Tanah Jawa.

“Diprediksi angka ini akan balik pada waktu relatif tidak terlalu lama dan mau bersamaan, langkah kewaspadaan & kesiapsiagaan antisipatif untuk memajukan sumberdaya yang ada, ” ujar Doni saat konvensi pers virtual, Sabtu (15/5/2021).

Menangkap Juga: Kakorlantas Siapkan 109 Check Point, Periksa Surat Bebas Covid-19 Pemudik

Ilustrasi tes swab. (Dok: ELements Envanto)
Ilustrasi tes swab. (Dok: ELements Envanto)

Pendatang lantaran Sumatera ini juga rencananya akan menjalani pemeriksaan swab test antigen Covid-19, untuk mencegah masuknya orang dengan positif Covid-19 ke Tanah Jawa.

Kira-kira persiapan yang dijalankan di antaranya seperti petugas swab daerah dan swab test negeri pusat, lebih dari 200 ribu alat swab test dan pengoptimalan 69 unit Kapal Feri, termasuk 7 dermaga yang semuanya hendak dioperasikan.

“Kemudian logistik yang ada dalam pos pemeriksaan yang ada di ruas jalan tol atau di non tol, serta di Pelabuhan Bakauheni diharapkan bisa optimal, tercatat pembagian waktu tetap ideal itu 3 shift, sehingga mereka tetap fresh, ” papar Doni.

Lebih tinggi kamar isolasi juga dipersiapkan, apabila setelah diskrining secara swab test antigen Covid-19 pendatang ada yang berkedudukan reaktif. Mereka akan tepat ditempatkan di ruang isolasi.

“Pemprov Lampung siapkan beberapa fasilitas yakni wisma dan rusun dengan ada, kalau masih kurang pemerintah pusat berikan sokongan yang tersedia di kawasan Lampung dan sekitarnya, ” pungkas Doni.

Menangkap Juga: 22 Warga Positif Covid-19, Dukuh di Kota Solo Itu Mengisolasi Diri