Keterangan Lambang Pancasila dari Bintang Emas sampai Padi dan Kapas

0
247

Suara. com – Sudahkah Anda tahu apa makna lambang Pancasila? Kalau Anda cermati, setiap bagian dari burung garuda Pancasila memiliki arti, misalnya saja jumlah bulunya. Burung garuda Pancasila memiliki 17 helai jatuh sayap, 8 helai bulu buntut, 19 helai bulu ekor, dan juga 45 helai bulu leher. Jumlah bulu tersebut melambangkan hari kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Namun, bagaimana dengan makna setiap simbol pada perisai di badan burung garuda Pancasila? Simak penjelasan lengkap keterangan lambang Pancasila di bawah tersebut, yuk!

1. Bintang Berwarna Emas

Arti lambang Pancasila bintang berwarna emas dengan dasar berwarna hitam ini melambangkan etik pertama, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”. Bintang emas bersudut lima ini diartikan sebagai sebuah cahaya Tuhan yang berperan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

Baca Juga: Sejarah Rumusan Pancasila dari 3 Tokoh Nasional

Selain itu, bintang emas itu juga mengandung maksud bahwa Nusantara adalah negara yang beragama serta religius, di mana setiap rakyatnya berhak untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan sesuai dengan anutan masing-masing.

dua. Rantai Berwarna Kuning

Lambang rantai berwarna kuning dengan latar belakang merah menandakan sila kedua, yaitu “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Rantai tersebut disusun dengan mata rantai yang berbentuk persegi dan lingkaran yang terdiri dari 17 buah mata rantai yang saling menyambung.

Mata rantai maujud persegi tersebut melambangkan pria, namun mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan wanita. Hal ini menandakan adanya kesetaraan gender antara pria serta wanita sebagai hubungan manusia yang saling membantu.

3. Pohon Beringin

Mengaji Juga: Arti Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Lambang pohon beringin dengan situasi belakang berwarna putih melambangkan adat ke-3, yaitu “Persatuan Indonesia”. Definisi pohon beringin dalam Pancasila tunggal merupakan sebuah tempat untuk berteduh dan berlindung.