Waspadai Penggumpalan Darah di Menonjol, Ini 5 Gejalanya!

0
130

Pandangan. com – Penggumpalan darah biasanya dikarenakan oleh berbagai protein dan trombosit yang menggumpal. Sebab itu, sangat penting untuk mencari pertolongan medis kalau merasa mengalami pembekuan darah.

Menurut NHS, gumpalan darah perlu segera diobati karena bisa benar serius. Gumpalan bisa menyekang pembuluh darah, yang menyusahkan pengiriman darah ke semesta tubuh.

Sebagian besar kasus, pembekuan darah biasa berkembang di kaki, tetapi serupa bisa terjadi di lengan. Sekitar 10 persen sejak semua kasus pembekuan pembawaan berkembang di lengan.

Sayangnya dilansir dibanding Express , kondisi ini sering kali tidak terdeteksi. Lebih dari setengah kasus pembekuan pembawaan di lengan tidak memiliki gejala sama sekali.

Baca Juga: Isu Penggumpalan Darah, Satgas Jelaskan Vaksin AstraZeneca di Indonesia

Jika Anda menemui gejala, tanda itu cenderung datang sangat lambat dan bisa mudah terlewatkan. Kamu mungkin akan mengalami kira-kira kondisi pada lengan, laksana berikut ini:

Ilustrasi darah. (Pixabay)
  1. Lengan akan membengkak
  2. Lengan menjalani kram
  3. Menonjol lebih lembut saat disentuh
  4. Lebih lebih hangat saat disentuh
  5. Bagian lengan yang mengalami penggumpalan akan berwarna merah atau biru

“Gumpalan darah terbentuk ketika sel darah yang disebut trombosit dan berbagai protein menyebabkan darah Anda membeku menjadi kawula setengah padat, ” jelas NHS.

Gumpalan darah di lengan diklasifikasikan sebagai kondisi primer atau sekunder, tergantung pada penyebabnya. Jika Anda didiagnosis menderita pembekuan darah di dalam lengan, tujuan pengobatan pokok adalah menghentikan pertumbuhan gumpalan, meredakan gejala dan menyekat gumpalan berpindah ke arah tubuh lain.

“Jika perawatan ini tidak menyelesaikan perkara atau gumpalan semakin mulia, dokter mungkin merekomendasikan pengangkatan gumpalan darah, ” jelasnya.

Jika Kamu mengalami penyumbatan darah, komplikasi paling berbahaya adalah emboli paru. Emboli paru ialah bagian dari gumpalan darah yang pecah dan menyelap ke paru-paru.

Membaca Juga: Kelanjutan Penggumpalan Darah, Pasien Covid-19 Pria Bisa Ereksi Berjam-Jam

Sekitar sepertiga dari semua pasien pemekatan darah mengembangkan emboli paru dan bisa mematikan. Kalau Anda tiba-tiba mengalami penuh napas atau nyeri menyengat dada, segeralah hubungi tabib.