Nutrisi Terpenuhi Puasa Lancar, Menyimak Tips Asupan Buka dan Sahur Sehat Ini

0
199

Perkataan. com – Selama jam-jam puasa, awak menggunakan simpanan karbohidrat yang disimpan di hati & otot serta lemak buat menyediakan energi setelah semua kalori dari makanan dengan dikonsumsi pada malam hari habis.

Awak tidak dapat menyimpan minuman sehingga ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan menekan jumlah yang hilang di dalam urin.

Meski tak prasmanan selama belasan jam, berikut tips menu sehat era buka dan sahur agar nutrisi tetap terpenuhi, kaya yang dilansir dari Nutrition , jarang lain:

1. Buka puasa

Menangkap Juga: Agenda Sholat dan Buka Pertarakan Serang Banten 13 April 2021

Menurut Nutrition , ketika pertama kali berbuka puasa, minumlah banyak cairan, konsumsi makanan rendah lemak, makanan kaya cairan serta makanan yang mengandung kurang gula alami untuk gaya (hindari mengonsumsi banyak sasaran atau minuman dengan tambahan gula).

Minuman

Air, susu, jus pokok atau smoothie, air menyampaikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman berbahan dasar susu serta buah-buahan memberikan beberapa gula dan nutrisi alami.

Minuman ini juga baik buat berbuka puasa tetapi hindari minum banyak minuman dengan tambahan gula setelah berbuka karena dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

Camilan Kurma

Membaca Juga: Rancangan Sholat dan Buka Puasa Bogor-Depok-Cianjur 13 April 2021

Konsumsi camilan seperti kurma karena tamar menyediakan gula alami buat energi, memberikan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan serta merupakan sumber macet. Anda juga bisa memeriksa buah-buahan kering lainnya kaya aprikot, buah ara, kismis atau plum, yang serupa menyediakan serat dan nutrisi.

Pokok

Pokok menyediakan gula alami untuk energi, cairan dan kaum vitamin dan mineral.

Sup

Cara mudah untuk berbuka puasa sekali lalu mengganti cairan adalah konsumsi sup. Sup tradisional dibuat dari kaldu daging & sering kali mengandung kacang-kacangan yang memberikan nutrisi serta energi.

“Setelah puasa dengan lama, wajar untuk mau memanjakan diri sendiri tetapi cobalah untuk menjaga jumlah makanan berlemak dan bergula serta minuman manis yang Anda miliki dalam jumlah kecil, ” catat Nutrition.

“Ingatlah bahwa Anda hanya memiliki zaman yang relatif singkat setiap hari makan dan minum untuk memberi tubuh Kamu semua nutrisi dan cairan penting yang dibutuhkan biar sehat, jadi kualitas makanan Anda sangat penting semasa Ramadan, ” imbuhnya.

Sketsa keluarga bergaya hidup sehat. (Shutterstock)

2. Sahur

Masa sahur Anda perlu minum banyak cairan, pilih sasaran kaya cairan untuk mengisbatkan Anda terhidrasi dengan molek dan memberikan hidrasi semasa puasa.

Pilih jenis serat tinggi atau biji-bijian jika memungkinkan sebab ini dapat membantu Kamu merasa kenyang dan mampu membantu pencernaan serta menghalangi sembelit.

Selain itu, makanan bertepung sesuai nasi atau couscous juga bisa dikonsumsi untuk menyampaikan energi keesokan harinya. Jika Anda menyantap hidangan gurih saat sahur, ada baiknya Anda memastikan hidangan tersebut tidak terlalu asin supaya tidak kehausan selama berpuasa.

Anda juga bisa konsumsi yogurt sebab memberikan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium dan vitamin B dan juga menyimpan cairan.