Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI BNI per eform. bri. co. id banpresbpum. id

0
102

Suara. com kacau Tidak kurang pelaku UMKM yang langsung berharap untuk mendapatkan sandaran langsung tunai atau BLT khusus UMKM yang diadakan oleh pemerintah. Bantuan itu sendiri nilainya sebesar Rp 1. 200. 000, dan disalurkan dalam bentuk Tumpuan Produktif Usaha Mikro.

Tentu untuk mendapatkannya, pelaku UMKM wajib mendaftar ke Dinas Koperasi Daya Kecil Menengah di kabupaten atau kota masing-masing. Setelah mendaftar, pelaku UMKM mampu cek penerima BLT UMKM di BRI dan BNI secara online.

Cek Penerima BLT UMKM

Pertama, Anda mampu cek penerima BLT UMKM di BNI  secara online. Caranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Bantu UMKM, Pegadaian Layani Pinjaman Bunga Harian

  1. Buka laman resmi https://banpresbpum.id.
  2. Kemudian masukkan NIK dengan sudah Anda daftarkan.
  3. Klik ‘Cari’.
  4. Akan akan mendapat informasi berupa pemberitahuan apakah NIK tersebut terdaftar ataupun tidak sebagai penerima BPUM 2021 ini.

Mudah bukan?

Jika sudah diperkirakan Anda merupakan penerima BLT UMKM atau BPUM, oleh karena itu Anda bisa mendatangi jawatan BNI setempat sesuai jadwal yang telah diberikan. Kamu wajib membawa e-KTP, Kartu ATM, dan buku simpanan. Setelahnya Anda akan diminta menandatangani serta menyampaikan SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggungan Mutlak.

Kedua, Anda bisa cek penerima BLT UMKM di BRI secara online juga. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Buka laman resmi https://eform.bri.co.id/bpum.
  2. Kemudian masukan NIK yang Anda miliki dan sudah didaftarkan.
  3. Masukkan kode verifikasi yang Anda lihat pada layar.
  4. Klik ‘Proses Inquiry’, dan Anda akan mendapatkan informasi mengenai terdaftar atau tidaknya Anda sebagai penerima BLT UMKM 2021.

Jika Anda dinyatakan terdaftar, Anda perlu membawa beberapa berkas kala akan mencairkan BLT UMKM di kantor cabang BRI terdekat. Berkasnya adalah sendi tabungan, kartu ATM serta identitas diri, surat pernyataan, dan SPTJM dan kuasa atas penerimaan dana bantuan tersebut.

BPUM untuk Membantu UMKM

Baca Selalu: Dukungan UMKM di Indonesia, E-Commerce Berjemaah Bikin Promo Unik

BPUM sendiri diperuntukkan untuk membantu menggerakkan roda ekonomi pada sektor UMKM, agar bisa tetap beraktivitas selama pandemi ini. Tetap, setiap sektor mendapat tinju berat atas terjadinya  pandemi yang tidak berkesudahan. Maka sejak itu, stimulus diberikan sebab pemerintah agar semua mampu diusahakan untuk tetap berjalan dengan baik.