Wah! 148 Pemudik yang Balik ke Jakarta Ternyata Reaktif Covid-19

0
58

Suara. com awut-awutan Sebanyak 148 pemudik yang kembali ke Jakarta terkonfirmasi reaktif Covid-19. Mereka terjaring operasi penjagaan swab yang tersebar pada perbatasan wilayah Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut, ada 22. 910 pemudik yang telah menjalani tes swab antigen saat hendak kembali ke Jakarta. Data tersebut terbatas sejak 16 hingga 18 Mei 2021.

“Ada 148 yang reaktif atau nyata Covid-19 yang negatif itu 22. 762, ” logat Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Yusri menjelaskan ratusan pemudik yang terkonfirmasi reaktif Covid-19 itu kekinian tengah menjalani isolasi. Itu diisolasi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet hingga mandiri di sendi masing-masing.

Baca Juga: KJRI Mumbai Ungkap Suasana Terkini Tsunami Covid-19 di India

“Saya sosialiasi tolong pulang ke Jakarta, pulang ke panti kita ini, bawalah swab antigen yang sudah lepas Covid-19. Ini upaya buat memutus mata rantai, ” katanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat membeberkan 148 pemudik reaktif Covid-19. (Suara. com/M Yasir)

Wajibkan Surat Bebas Covid

Kapolda Metro Hebat Irjen Fadil Imran sebelumnya menegaskan kepada warga yang hendak kembali ke Jakarta usai melaksanakan mudik lebaran diwajibkan menyertakan surat khali Covid-19. Jika tidak, itu diminta menjalani isolasi mandiri dan melaksanakan swab antigen yang telah disediakan.

“Jika anda tidak bisa menunjukkan surat keterangan terbuka Covid, mereka akan mendesak anda untuk melakukan isolasi mandiri dan dilakukan swab antigen gratis, ” kata Fadil di video yang diunggah akun Twitter @TMCPoldaMetro pada Senin (17/5).

Fadil memastikan seluruh warga lantaran luar daerah yang bermaksud kembali ke Jakarta tak akan lolos dari penelitian di pos-pos penyekatan & check point. Terlebih, logat dia, dalam pemeriksaan tersebut pihaknya juga turut membawabawa basis komunitas seperti Babinsa, Babinkantibmas, RW hingga RT.

Baca Juga: Disetop, 15. 400 Dosis AstraZeneca Sudah Kadung Disuntik ke Warga DKI

“Kepada kelompok yang akan kembali ke Jakarta agar melengkapi muncul dengan surat keterangan terhindar Covid. Kalau anda lulus di pos penyekatan tersebut, anda tidak mungkin lolos di basis komunitas. Sebab seluruh RT, RW, Babinsa, Babinkantibmas itu akan sampai, ” katanya.